Minggu, 09 Juni 2013

Contoh Naskah Drama "MALIN KUNDANG JADI BATU’"


         Pada suatu hari yang tenang di sebuah desa, tinggalah sebuah keluarga yang pas-pasan,,,yaitu keluarga Bapak Tejo. Pak Tejo memiliki 2 orang putra yaitu Malin kundang dan Malin kandang, pak Tejo adalah single parent.,,saat itu Malin kundang dan soib setianya Joko Tarub sedang ngobrol di pinggir kali,,,,gimanakah ceritanya mari kita lihat di TKP..!!
Malin Kundang :”,,kapan aku bias kaya,,,bosen aku hidup kayak gini,,,tiap hari makan ikan asin gitu….pengen aku makan di PIZZA HUT atau KFC gitu..!”
Joko Tarub :”yaelah lu masih enak makan ikan asin,,lah gue,,tiap hari makan pasir, batu, semen,,,,”
Malin Kundang :”trus gue harus bilang “WAW” sambil nyemplung dikali gitu..??”
Joko Tarub :”4l4y lhu,,,,!”
Malin Kundang:”gue pengen cepet kaya bray….!”
Joko Tarub :”ahaaaa…ane punya cara gan..!”
Malin Kundang:”apa’an”
Joko Tarub :”nie gue dapet sms katanya log pengen kaya ketik REG spasi KAYA kirim ke 0008999666809..!!!”
Malin Kundang:”yaaaaaeeeeeelllllaaaaaah,,!!!.....empek-empek sayur lodeh…”
Joko Tarub :”apa thu”
Malin kundang :”Cape dech….!!”
Joko Tarub :”ahaa,,ane baru inget,,!”
Malin Kundang :”apa”
Joko Tarub :”sini ane bisikin”(berbisikan dengan MK)
Malin Kundang :”owh,,yayayayayaay,,,ayo berangkat..!”
            Apa ya yang mereka rencanakan untuk jadi orang kaya,,,
Dirumah mbah KI, Drs, Mr. Joko Pinter SPd. MPd. PhD, Malin kundang dan Joko tarub beradu nasib…,,,,mari kita lihat kelanjutannya di KTP.
Malin Kundang :”Misi mbah…!”
Joko Pinter :”hmmmmmmm….opo,,”
Joko Tarub :”iku mbah,,kita berdua pengen sugih”
Joko Pinter :”hmmmmmm….opo”
Malin kundang :”itu mbah…kita pengen kaya”
Joko Pinter :”hmmmmmmm…opo”
Joko Tarub :”mangkelno cak wong iki,,,,,ditakok’I njawab’e klopa-klopo!”
Malin kundang :”wes sabar cak,,,,aku wae..!!”
Joko Pinter :”pengen sugih..!!”
Malin kundang:”nggeh mbah…”
Joko pinter :”rene tak bisiki…”
Malin kundang mendekat ke Ki Joko Pinter
Joko pinter :”WANI PIRO…wkwkwkwkwkw”
Malin kundang :”alah mbah,,,plis dech gue butuh bangeet..!”
Joko Pinter :”onok syarate…!”
Malin Kundang :”opo mbah?”(pengen tau)
Joko Pinter :”10 jeti..!!”
Joko Tarub :”,,hah,,,opo,,,,whats,,,,!!!”(terkejut)
Malin kundang :”alah mbah,,turunin dikit po’o?”(merayu)
Joko pinter :”he rek,,prasamu gug soroh t oleh gelar sak munu akeh’e,,,yo wahar lha aku njaluk akeh,,tak jamin manjur est mantra-mantraku”
Malin kundang dan Joko tarub berdiskusi……..
Joko tarub :”yo opo cak,,,larang iku”
Malin kundang :”gampang aku punya celengan,,,ya dapet 10 jt lebih,,”
Joko tarub :”owh,,,oklah kalo begitu,,,”
Selesai berdiskusi….
Malin kundang :”ok mbah setuju,,,,,!!”
Joko pinter :”iki…ikuti syarat-syaratnya”(memberikan sepucuk kertas)
Malin kundang :”ok mbah,,,!!”
Akhirnya dengan selembar kertas yang berisi wejangan-wejangan dari mbah ki JOKO PINTER Malin kundang dan Joko Tarub pun mengikuti wejangan-wejangan tersebut,,,,gimanakah aksinya,,mari kita lihat aja ye…
Malin Kundang :”bro..ki mantra’e katanya harus di baca bareng-bareng…?”
Joko tarub :”owh,,oklah,,,man gue mau lihat…!”
Malin kundang :”mari kita baca bareng-bareng ya..?”
Malin kundang dan joko tarub :”,,,dun,,gondal,,gandul,,,,,bapak gundul pengen sugih,,dung,,,dung,,preet,,,!”
Joko tarub :”eh bro,,,disini tulisannya efek mantranya dapat dirasakan besok,,,”
Malin kundang :”yaudah,,ni kertas gue bawa,,,sekarang kita pulang aja dulu yuk..”
Joko tarub :”ok,,gud bye bray”
Malin kundang :”ok,,,bray”
Saat di rumah Malin kundang sedang makan dengan keluarganya,,,,,,
Malin kandang :”kaka…makanananya sudah siap nie,,,!!”
Malin kandang :”iya dek,,,makan apa’an nie kita.?”(datang ke meja makan)
Malin kandang :”yaelah gini lagi,,,!”(malas)
Pak tejo :”sudahlah,,,,diterima aja ini kan rezeki dari tuhan…!”
Malin kundang :”bosen aku pak gini terus,,,aku pengen mengubah nasib kita”
Pak tejo :”sudah nak,,jangan terlalu berambisi gitu,,,”
Malin kandang :”bener kata ayah thu kak”
Malin kundang :”au ah,,,,”(pergi meninggalkan meja makan)
            Keesokan harinya..
Tiba-tiba, keesokan harinya rumah Pak Tejo didatangi oleh seorang dengan membawa dokumen-dokumen yang banyak
(mengetuk pintu)Mr. Kevin :”excuse me,,,,,permisi ada orang ??”
Pak tejo :”ya ada pa pak,,?”
Mr. kevin :”saya mau bertemu dengan Malin kundang..ada?”
Pak tejo memanggil Malin kundang,,lalu datanglah Malin kundang untuk menemui orang tersebut.
Malin kundang :”ya pak,,,ada pa ya?”
Mr. kevin :”dengan saudara Malin kundang?”
Malin kundang :”yap”
Mr. kevin :”begini,,,soal toko yang itu sudah dibeli oleh anda,,,dan tinggal tanda tangan kepemilikan saja ini pak?”
Malin kundang :”toko mana pak?”(bingung)
Mr. kevin :”jangan bercanda pak,,,,sudah,,ini dokumen yang harus anda tanda tangan..”
Dengan bingung Malin kundang mendatangani surat-surat tersebut,,,dia sempat berfikir kalau ini semua berasal dari mantra ki JOKO PINTER…..
Mr kevin :”bisa sekarang kita pergi untuk melihat toko bapak…?”
Malin kundang :”owh,,ok pak..!”
Malin kundang pun berpamitan dengan ayah dan adiknya,,,,,setelah pergi Malin kundang pun tak kunjung kembali kerumahnya….lalu datanglah seorang petani yang memberi tahu tentang keberadaan Malin kundang ke Pak tejo.
Pak Bejo :”assalamulaikum,,,,?”
Malin kandang :”waalaikumsalam,,,,mau cari sapa pak?”
Pak Bejo :”mana ayahmu,,,,?”
Malin kandang :”sebentar ya pak…”
Datanglah pak Tejo
Pak tejo :”iya pak ada apa ?”
Pak bejo :”saya tahu dimana anakmu,,anakmu sekarang di kota,,,sudah punya tokoh yang besar,,,,dan kaya raya..!!”
Pak tejo :”lho..benar kah itu…kenapa di melakukan itu,,,antarkan aku kesana..!!!”
Pak bejo :”baik pak,,sekarang?”
Pak tejo :”ndak,,habis lebaran,,ya sekarang lah,,,!”
Pak bejo :”owalah,,baik pak mari”
Akhirnya Pak Tejo dan Pak Bejo pun menuju kota dan menemui Malin kundang….dan sampailah mereka berdua di depan toko besar milik Malin kundang dan kebetulan Malin kundang sedang melihati tokonya yang besar itu bersama Mr. kevin sambil membicarakan soal keuangan mereka….lalu datanglah Pak Bejo dan Pak Tejo,,,apa yang terjadi selanjutnya mari kita lihat di TKP…..
Mr kevin :”baik pak,,,keuangan kita sangat melonjak naik,,,sampe ndak bisa didaki pak…”
Malin kundang :”super sekali,,,,ada lagi?”
Mr kevin :”sepertinya kinerja pegawai kita sangat memuaskan..!”
Malin kundang :”super sekali,,,ciyus?”
Mr. kevin :”enelan dech,,,!”
Malin kundang :”miapa coba?”
Mr kevin :”ini ciyus lho..!!!!”
Tiba-tiba…..
Pak tejo :”MAAAAALLLLLIIIIIINNNNN…!”
Malin kundang :”sapa ya??”
Pak tejo :”kurang asem kamu ya,,dasar durhaka kamu,,,kamu dah melupakan ayahmu sendiri…?”
Malin kundang :”trus gue harus bilang “’CROT” sambil nempel ditembok gitu…?”
Pak tejo :”kamu sudah durhaka ma ayah,,saya kutuk kamu jadi BATUK..!!!”
Malin kundang :”apa tidaaaaak…!!!”
Malin kundang :”uhuk…uhuk…uhuk….uhuk…uhuk….uhuk….uhuk…..uhuk….uhuk….dst”
Akhirnya malin kundang bukan dikutuk jadi batu,,,namun menjadi batuk,,,dia batuk terus hingga akhir hayatnya,,,,,karena kedurhakaanya kepada ayahnya,,,,,








0 Comment:

Posting Komentar

Copyright © Free Co-Past Blog | Powered by Blogger Design by Fabthemes | Blogger Template by NewBloggerThemes.com | Web Design| Web Design