Jumat, 17 Agustus 2012

mengenal bagian-bagian processor

Prosesor merupakan otak dari perangkat komputer. Kecanggihan dan kemampuan komputer ditentukan oleh jenis prosesornya (sekali pun bukan hanya prosesor yang mempengaruhi kinerja komputer).

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berbanding lurus dengan versi-versi terbaru berbagai perangkat komputer khususnya prosesor. Dalam setahun dapat muncul beberapa jenis prosesor baru. Hal ini dipicu, pertama oleh tuntutan pengembangan itu sendiriBagian-bagian penting dari porsesor
Secara umum prosesor memiliki tiga bagian penting sebagai berikut :
1. ALU (Arithmatika Logical Unit)
Arithmatika Logical Unit (ALU) merupakan pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah system PC.
2. CU (Control Unit)
Control Unit merupakan bagian yang pengatur semua lalu lintas data dan perhitungan yang dilakukan oleh prosesor. Dengan adanya unit ini, segala perhitungan dan eksekusi dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah yang lainnya.
3. MU (Memori Unit)
Memori Unit merupakan unit pendukung. Semua perintah yang sering digunakan oelh prosesor akan disimpan sementara pada bagian ini. Dengan adanya unit ini, prosesor tidak perlu lagi memanggil perintah yang sama ke bagian lain. Dengan demikian waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan perintah-perintah penting dapat dipersingkat. Pada prosesor modern, memori unit sudah berada pada bagian prosesornya (core). Umumnya memori ini disebut sebagai cache memory yang dibenamkan pada sebuah prosesor, sehingga kecepatan eksekusinya semakin membaik.

0 Comment:

Posting Komentar

Copyright © Free Co-Past Blog | Powered by Blogger Design by Fabthemes | Blogger Template by NewBloggerThemes.com | Web Design| Web Design